Terapi musik

Pernahkah dalam kehidupan keseharian kamu tidak mendengarkan musik walaupun hanya sekali saja? 
apa yang kamu rasakan, yang jelas perasaan setiap orang pasti berbeda-beda dan tergantung tipe atau karakter individu masing-masing, tapi paling tidak pasti kamu akan merasakan perasaan sepi tanpa adanya bunyi-bunyian dari alunan musik kan? 

Dalam postingan ini aku nyoba ngebahas mengenai cara-cara yang dapat di gunakan dalam proses terapi musik.
Sebenarnya apa sih terapi musik itu sendiri? (ya terapi dengan musik dunkkk :p)
ya secara kasarannya emang seperti itulah jawabannya, secara jelasnya Terapi musik adalah pemanfaatan kemampuan musik dan elemen musik oleh terapis untuk meningkatkan dan merawat kesehatan fisik, memperbaiki mental, emosional, dan kesehatan spiritual klien. Terapi musik terdiri dari 2 elemen utama yaitu elemen terapi dan elemen musik. Elemen terapi yang meliputi keterampilan musik bagi terapis, membangun hubungan terapis dengan klien, aktifitas yang terstruktur dan dianjurkan oleh tim ynag merawat klien untuk mencapai tujuan yang spesifik dan obektif bagi klien. Elemen musik sebagai alat utama yang meliputi irama, melodi, da harmoni. Terapi musik dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu menyanyi, mencipta lagu, memainkan alat musik, improvisaso, mendiskusi lirik dan mendengarkan musik.

Oya btw ada asosiasi terapi musik yang bernama Canadian Association for Music Therapy (CAMT) menyatakan bahwa cara yang dapat digunakan dalam terapi musik adalah:

1.Menyanyi
2.Memainkan alat musik
3.Bergoyang (maksudnya nari kali ya...)
4.Improvisasi
5.Mencipta
6.Mendengarkan musik

Setiap cara yang di lakukan seperti di atas nanti efeknya akan berbeda-beda, pilihan musik yang kita dengarkan pun juga akan membedakan hasilnya, contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari kita misalnya ketika lagi ngedengarin musik metal dan ekstra keras pasti tentunya adrenalin kita terpacu dan menegangkan otot-otot syaraf tubuh, begitu pula sebaliknya jika kita memilih musik-musik slow dan ekstra santai akan mempengaruhi dan membuat rileks pada setiap orang yang mendengarkannya. 

Para pakar ahli teknologi otak juga melakukan riset terapi gelombang otak melalui suara-suara aneh yang di desain secara khusus, katanya sich suara tersebut bisa membawa kehidupan kita menjadi ke arah kesuksesan, sembuh dari penyakit, percaya diri dan lain sebagainya, percaya atau tidaknya mengenai hal ini kembali ke diri kita masing-masing. Tapi aku sedikit banyak agak ercaya juga sihh :D hehe....
oya btw kalau mau nyoba suara hasil olahan para ahli gelombang otak, kamu bisa download di sini aja.

oke selamat mencari informasi mengenai terapi musik lainnya dan selamat mencoba audio gelombang otak yang sudah kamu download di blog ini.



Komentar :

ada 0 komentar ke “Terapi musik”

Post a Comment

Bagaimana template ini menurut anda?