Belajar pada ahlinya

Halo agan2 blogger se Indonesia!
Perjalanan meniti karir tidak lepas dari yang namanya proses, dan didalam proses tentunya banyak pelajaran yang kita lahap baik itu secara sadar maupun tidak kita sadari. Ada yang belajar secara otodidak dan ada pula yang belajar pada ahlinya, bagi yang belajar secara otodidak kebanyakan orang membutuhkan waktu ekstra untuk semuanya, belum lagi melewati proses trial dan error nya. Dalam konsep ini saya ingin kita berbicara mengenai kehidupan internet khususnya para Internet Marketing.

Pengalaman saya beberapa hari yang lalu rasanya cukup mengenaskan ketika saya mencoba beberapa penawaran program yang cukup menjajikan dengan iming-iming penghasilan ratusan dolar perbulan, dengan bermodalkan pelajaran secara otodidak mengikuti saran para master dari tutorial gratisannya namun tidak membuahkan hasil, mau nyoba belajar pada ahlinya dengan tawaran tutorial berbayarnya tapi masih belum ada dana untuk itu.

Tapi memang pada dasarnya saya akui sebagian penawaran bisnis di internet memang benar adanya dan cukup bisa di andalkan hasilnya, hanya saja jika kita mengerti caranya dan aturan mainnya. Banyak para master Internet Marketing yang menawarkan tutorial bergizi untuk dijadikan senjata dalam mengarungi samudera perbisnisan internet (tumben kata-kataku lancar) haha. . .! Hal ini wajib dijadikan pertimbangan bagi kita semua, mengapa? coba bandingkan  waktu yang digunakan antara belajar otodidak dan belajar pada ahlinya, dengan sedikit mengeluarkan biaya (anggap saja investasi) selanjutnya kita diberikan bekal yang selama ini hanya mereka saja yang mengetahuinya, seperti yang saya katakan di atas ada banyak para master yang menawarkan tutorial berbisnis online, beberapa contoh yang kita kenal ialah anne ahira dari asianbrain.com , jokosusilo dari jokosusilo.com . Tapi. . .dengar-dengar isu diluaran sana banyak yang mengecam pak joko ini karena tutorialnya di anggap menipu banyak orang, tutorialnya hanya memberikan iming-iming surga dan banyak macam masalah lainnya, entah mana yang benar dan mana yang salah ya pandai-pandai kita menyikapinya saja. Kalau anne ahira sementara masih belum ada kabar miring sich, selalu lancar jaya. Tapi mau bergabung di sekolah ahira masih belum ada modalnya, masih belum kuat hehe. . .

Dua master Internet Marketing yang saya sebutkan diatas berasal dari Indonesia, dengan tutorialnya yang berbahasa Indonesia juga donk tentunya. Nah disini salah satu masalah yang saat ini dibicarakan banyak orang di forum kaskus, katanya pak joko susilo itu nyontek ebook milik orang luar negeri, hanya kopi paste dan di translate ke bahasa Indonesia kemudian di akui ebook tersebut adalah hasil keringatnya sendiri selama bertahun-tahun, yach kita hanya bisa jadi pendengar saja, kebenaran akan selalu menang, tapi siapakah yang benar ya kita lihat saja nanti hehe. . .

Itu tadi dua master Internet Marketing dari Indonesia, nah bagaimana kalau yang dari luar negeri? saya tidak terlalu faham siapa saja mereka-mereka ini, tapi setelah blogging kesana kesini akhirnya menemukan satu master Internet Marketing yang kelihatannya bisa dijadikan panduan, tentunya kita bayar juga donk. Siapakah dia?  Jeffery Baxter Jr Seorang Internet Marketing yang saat ini juga telah menikmati legitnya hasil bisnis melalui internet. Kira-kira seperti apa tutorial yang mereka tawarkan? menurut saya dalam hal ini ada perbandingan pengalaman dan jam terbangnya juga, belum tentu para master dari luar negeri bisa lebih jago dari orang Indonesia, bisa jadi jam terbangnya kurang dan yang pasti semua itu faktor keberuntungan juga. Tapi. . . Kebanyakan hasil kerja dari para Master luar negeri sangat bisa di andalkan, bahkan tidak jarang orang kita yang saat ini sudah jadi master juga pada awalnya menimba ilmu dari mereka (orang luar negeri). Semua itu pilihan masing-masing, apakah mau belajar secara otodidak dengan konsekwensi waktu ekstra yang dibutuhkan, dan jika kita belajar pada ahlinya maka akan mempersingkat waktu kita dalam proses mencari tutorial sana sini, dan hasilpun bisa secepatnya kita nikmati. Apalah artinya sedikit uang untuk membeli ilmu yang bermanfaat jika dibandingkan dengan waktu yang tidak akan pernah berputar ulang kan? Tapi keadaan ini memang terpaksa kita terima bagi yang masih belum ada modal seperti saya :p

Semoga bermanfaat bagi kita semua, tentukan pilihan masing-masing apakah mau belajar secara otodidak dengan konsekwensi waktu yang cukup lama atau mau belajar pada ahlinya? Dulu modal awal kita adalah keinginan/ kemauan, tapi sekarang sepertinya agak berubah, sekarang memang benar-benar butuh duit, jadi ingat kata-kata bijak dari Mario Teguh, beliau mengatakan " jangan takut mengorbankan sesuatu yang berharga, demi mencapai sesuatu yang berharga pula dan lebih tinggi hasilnya dari yang kita korbankan" kata-kata bijak ini menjadikan alasan mengapa sekarang bukan sekedar modal kemauan dan nekat, tapi memang harus ada modal duitnya ya, hehe..
ya sudahlah, apa hendak dikata memang zamannya sudah berubah, dan kelihatannya saya juga harus undur diri dari hadapan anda, terimakasih sudah membaca artikel ini dan salam kenal untuk semuanya.


Komentar :

ada 1
aank said...
pada hari 

ok gan saya akan coba blajar pada ahlinya

Post a Comment

Bagaimana template ini menurut anda?