Apa Sebenarnya Blog itu Dan Kenapa Bisa Menjadi Begitu

Banyak pendapat berbeda yang menjelaskan tentang blog. Saya ingin menjelaskan blog
dengan membandingkanya denga website “normal”. Sebenarnya blog sendiri adalah
sebuah website (dan memang begitu, blog sebenarnya adalah – sebuah website). Blog
adalah website yang mempunya beberapa perbedaan kunci, antara lain:
1. Artikel di tampilkan secara kronlogis dengan artikel paling baru berada paling atas.

Ini adalah bagian yang paling konsisten dari setiap blog yang pernah saya kunjungi. Artikel
ditampilkan dengan sedikit cuplikan dari isi, dimulai dari bagian atas untuk artikel yang
paling baru diikuti kemudian dengan artikel yang lebih lama, dan seterusnya.
Format ini adalah warisana dari aspek “jurnalistik” dari blog yang merupakan diary online
atau jurnal. Diary mempunyai isi yang dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula blog bekerja.

Meskipun blog mempunya gaya seperti cerita jurnalistik, hal perting yang perlu di perhatikan
adalah saat ini tidak semua blog merupakan diary dan bukan tentang kehidupan prinbadi
dari sang penulis. Beberapa blog masih merupakan hasil pemikiran seorang penulis – blog
saya juga, tapi saya tidak bercerita tentang kucing saya atau apa yang saya makan waktu
sarapan tadi. Saya tetap pada topik yang sudah dipilih, tentang bisnis internet dan blogging,
dan orang-orang yang tertarik pada kedua topik tadi datang untuk membaca blog saya.
Blog saat ini bisa mengenai bermacam subjek, ditulis oleh seorang atau banyak orang dan
tentunya semua itu bukanlah diary pribadi. Refleksi pribadi, opini dan suara semuanya
sudah menjadi bagian dari blog, tapi itu semua tidak mempengaruhi nafas dan jangkauan
dari cakupan topik.

2. Mudah untuk menambahkan konten baru

Website normal mempunya satu masalah kronis yang menghalangi orang untuk
menambahkan konten baru – yaitu terlalu teknis. Meskipun sudah CMS (Content
Management System) yang canggih, pembuatan website masih diluar jangkauan pengguna web umumnya.

Blog sudah mengubah hal ini. Mereka menyediakan sebuah sistem publikasi konten yang
begitu mudah digunakan oleh kebanyakan pengguna web, dengan sedikit latihan, mereka
bisa mempublish konten ke World Wide Web. Ketika publikasi konten menjadi semudah
menulis email, kendala untuk masuk sudah sangat rendah dan saat ini kita mempunya
sebuah dunia yang terisi juataan blog.

3. Konten sering terupdate

Masalah besar lain yang menjadi wabah pada website tradisional adalah sifat statis mereka.
Kebanyakan website tidak pernah berubah dan anda selalu kembali ke halaman-halaman
yang sama dengan isi yang sama. Alasan untuk hal ini adalah poin ke dua di atas – sangat
sulit bagi kebanyakan orang untuk menamahkan konten pada sebuah website.
Tentu, beberapa situs popular sering terupdate sebelum blog muncul, tapi dibelakang

mereka ada organisasi besar dengan staf teknis dan para penulis, atau dikelola oleh orangorang
yang mengerti sesuatu seperti HTML, FTP dan server web. Kebanyakan orang tidak
bisa berbicara dengan bahasa itu dan sampai blog muncul sangat sulit bagi kebanyakan
orang untuk mempublikasikan ide-ide mereka secara online.

Blog sudah mengurangi masalah untuk mempublikasi sehingga membantu kebanyakan

orang untuk melakukannya. Sebagai hasilnya Web saat ini dipenuhi dengan produser
konten (para blogger) menulis dan mempublikasikannya secara reguler, kadang beberapa
artikel per hari. Website dulu tidak pernah sedinamis blog sekarang.

Efek lain dari kebangkitan blog pada mesin-mesin pencari. Mesin pencari seperti Google
memberikan penghargaan kepada konten yang bernilai dan konsisten. Secara alami blog
melakukannya (dg asumsi dijalankan oleh blogger yg termotivasi) dan kemudian mendapat
rangkin tinggi disearch engine.

Sebagai hasil dari “mencuri” rangking di mesin pencari papan atas, blog mendapatkan
perhatian lebih banyak, mendapatkan fokus dari para pemasar internet dan pemilik bisnis
karena mereka melihat blog sebagai alat pemasaran yang potensial untuk produk dan
layanan mereka.

4. Blog mengijinkan orang untuk meninggalkan komentar.

Evolusi besar yang bisa dilihat dari blog dibandingkan dengan website tradisional adalah
tambahan fungsi komentar. Disetiap artikel yang di publiskasikan di blog mempunyai kotak
yang mengijinkan siapapun untuk memberikan kontar pada artikel tersebut.

Perubahan itu mengubah website dari layanan broadcasting satu arah, menjadi alat
komunikasi dua arah. Para pembacanya bisa dengan mudah berkomunikasi dengan penulis
konten, membawa pembicaraan yang dimulai dari sebuah artikel menjadi sebuah komunitas.

Poin terakhir ini lebih powerfull dari yang anda pikirkan, dan inilah jawabannya...

5. Orang-orang “mempercayai” blog lebih dari website normal karena blogging adalah pembicaraan.

Jika anda mengkombiasikan seleuruh elemen dia atas – penulisan gaya jurnal pribadi,
kemudahan untuk menambahkan konten yang menyebabkan sering terupdate, dan
kemampuan untuk berinteraksi denga para pembaca anda – anda punya formula untuk
sebuah alat komunikasi yang sangat natural.

Blog, secara alamiah, bisa diandalkan sebagai sumber informasi yang terpercaya. Mereka
menumbuhkan hubungan antar manusia dan, sebagai efek samping dari banyaknya blog
sekarang, beberapa blogger di terima sebagai ahli yang disegani, meskipun itu benar
ataupun tidak, murni dibelakang blog mereka sukses.

Karena itulah seseorang dengan modal semangat, hobby, atau keahlian tertentu, dan cukup
termotivasi untuk menghasilkan konten tentang sebuah topik, dapat menarik audiennya,
monetize traffic itu, dan mendapatkan potensi untuk prefesional blogging.

Apa yang saya jelaskan tadi mungkin bukan hal baru bagi sebagian orang, tapi ini adalah
dasar dari semua yang akan saya jelaskan dalam laporan ini. Jika konsep “blog” masih
belum jelas bagi anda, luangkan waktu untuk online dan mencari beberapa contoh dari lima
poin yang sudah saya jelaskan di atas sampai anda mengerti peluang yang ada pada blog.


Komentar :

ada 1
Artikel Komputer said...
pada hari 

Salam kenal, backlinknya sudah terpasang di bog saya, silahkan di cek

Post a Comment

Bagaimana template ini menurut anda?