Memulai fuity loops dari awal

Khusus tutorial ini shindy tujukan kepada teman-teman yang baru mengenal fruity loops dan benar-benar masih buta dalam hal pengoperasiannya. Karena shindy juga masih dasar banget dalam mempelajari FL ini, tapi kebetulan shindy sudah mengetahui sedikit hal dalam software ini maka dari itu shindy mau membagikannya kepada temen-temen sekalian, bukan bermaksud menggurui lho yaaa :D

Oke dari pada shindy terlalu banyak berbasa basi dan ngomong panjang kali lebar, karena kita juga sudah mengetahui kalau panjang kali lebar itu hasilnya adalah luas huwelehhh sotoy duwehhh....
yuk kita langsung aja ke pokok bahasannya (kayak guru di sekolah aja ya???)

Pertama kita buka dulu software FLnya, tunggu loading programnya dulu yaaa...
nah kalau sudah keluar programnya disana kamu bisa meihat beberapa bagian yang sangat penting dan sering di gunakan dalam hal pembuatan sebuah musik nantinya, tapi jika programnya belum keluar juga silahkan di kocok-kocok dulu biar cepat keluar :D ngelantur lageeee
 
Di sini shindy nggak menjelaskan bagian-bagian terpenting yang sering kita gunakan, karena nanti kita bisa mengetahuinya sendiri seiring berjalannya proses belajar kita nanti. Coba klik file ==> new (membuka lembar kerja baru)
sampai di sini keadaan masih standar semuanya, tapi karena kita belajar dasar ya nggak masalah dengan hal seperti ini.

oke lanjutttt... klik kanan pada tombol kick (seperti gambar) ==>pilih fill each 2 steps, kemudian tekan tombol play(lihat gambar) kamu dengar suaranya seperti apa khan??


kemudian pada tombol snare buat urutan nada seperti gambar berikut lalu tekan tombol play seperti tadi(tombol play juga bisa dengan menggunakan spasi di keyboard)
sepertinya suara kurang enak di dengar ya?? ini karena tempo terlalu tinggi, sekarang kita atur tempo sesuai selera. pengaturan tempo bisa dilihat pada gambar, letaknya di samping kanan tombol play yang shindy jelaskan di atas tadi. ubah nilai tempo menjadi 65 dengan cara klik pada angkanya lalu drag kebawah sampai nilai yang di maksud tercapai, play dan coba dengarkan lagi. hasilnya sudah mulai enak di dengar khan??
 

Tadi kita menggunakan mode 2 steps, sekarang kita coba menggunakan mode 4 steps. buka lembar kerja baru (file new) caranya sama seperti cara awal tadi yaitu klik kanan pada tombol kick lalu pilih fill each 4 steps(lihat gbr). Atur susunan nada hat sedemikian rupa sehingga susunan keseluruhan seperti pada gambar berikut ini kemudian tekan tombol play dan dengarkan hasilnya(set tempo menjadi nilai 100)


sip dah pelajaran dasar dari shindy sekian aja dulu, ntar kita sambung lagi yaaa
tha-tha................



Komentar :

ada 0 komentar ke “Memulai fuity loops dari awal”

Post a Comment

Bagaimana template ini menurut anda?